iframe>
mixpod: PILIHLAH TEMAN YANG BAIK UNTUKMU

Sabtu, 04 Juni 2011

PILIHLAH TEMAN YANG BAIK UNTUKMU

Ketulusan dan  sikap apa adanya sekarang ini menjadi barang langka dan mahal.
Sementara kepura-puraan, bersikap baik didepan buruk dibelakang seakan sudah menyatu pada perkembangan kehidupan sosial jaman sekarang.
Marilah kita belajar dari angin, jika dia melewati kebun bunga, maka dia membawa aroma harum tanpa melebhkan atau menguranginya, begitupun saat melewati bangkai, ia juga membawa aroma tak sedap tanpa dikurangi atau ditambahi.

Kita mungkin sudah sering menemukan orang yang bermuka manis didepan kita, namun dibelakang kita, bertolak belakang.
Ataupun juga kita mungkin pernah mengalami berteman baik dengan orang yang sdh kita anggap saudara sendiri shg kita baik sekali padanya, sering membantunya baik secara moril ataupun materiil, akan tetapi dengan cepat semua hilang lenyap karena suatu perselisihan kecil dan sang teman tidak mau melihat perjalanan pertemannya kebelakang, seperti kacang yang lupa pada kulitnya.

Dari Nu’man bin Basyir r.a., Rasulullah SAW bersabda, “Perumpamaan persaudaraan kaum muslimin dalam cinta dan kasih sayang di antara mereka adalah seumpama satu tubuh. Apabila satu anggota tubuh sakit maka mengakibatkan seluruh tubuh menjadi demam dan tidak bisa tidur.” (Hadis riwayat Muslim)

Apakah ciri-ciri seorang teman yang baik?
Nasihat yang boleh diikuti dalam membina persahabatan ialah sebagaimana pesanan al-Qamah (seorang sahabat Rasulullah SAW) kepada anaknya
“Wahai anakku, sekiranya engkau berasa perlu untuk bersahabat dengan seseorang, maka hendaklah engkau memilih orang yang sifatnya seperti berikut. ”
 1 - Pilihlah teman baik yang suka melindungi sahabatnya, dia adalah hiasan diri kita dan jika kita dalam kekurangan nafkah, dia suka mencukupi keperluan.
2 – Pilihlah seorang teman baik yang apabila engkau menghulurkan tangan untuk memberikan jasa baik atau bantuanmu, dia suka menerima dengan rasa terharu, jikalau ia melihatmu padanya, dia tidak akan melupakan kebaikanmu .
3– Pilihlah seorang teman baik yang apabila ia mengetahui mengenai keburukkan dirimu ia suka menutupinya.
4 – Pilihlah teman baik yang jikalau engkau meminta sesuatu daripadanya, pasti ia usahakan sekuat tenaga untuk memberi, jikalau engkau diam, dia akan menyapamu dulu dan jika ada sesuatu kesukaran dan kesedihan yang menimpa dirimu, dia pasti membantu dan meringankanmu serta menghiburkanmu
5 – Pilihlah teman baik yang jikalau engkau berkata, ia suka membenarkan ucapanmu jika benar dan mengkoreksi dengan lemah lembut jika engkau keliru . Jikalau engkau mengemukakan sesuatu persoalan yang berat dia suka akan mengusahakannya dan jika engkau berselisih dengannya, dia akan mengalah untuk sayangnya ia padamu.

Para ulama juga menyebutkan kriteria yang harus dipenuhi seorang taman baik yaitu : berakal, berahlak baik, tidak fasik, bukan ahli bid'ah, tidak mendahulukan dunia dibanding dengan akhirat ( Ibn_ al-Jauzi, Mukhtasar Minhaj al Qashidin, 91/92)

Alasan Memilih Teman Yang Baik

Di antara alasan kenapa kita harus mengikat teman yang baik dan tulus adalah karena besarnya pengaruh dan perlindungannya kepada kita di saat-saat kritis.

Adakah yang lebih mulia dan berharga dari seorang teman, yang sekalipun tidak dilahirkan dalam perut ibu yang sama denganmu, namun ia menjadi sebab kamu mendapatkan syafaat dan selamat dari neraka.?

Dalam hadits yang lain disebutkan bagaimana orang-orang beriman kelak mendebat Rabb mereka karena saudara-saudara mereka dijerumuskan ke dalam neraka.
Rasulullah shallallahu 'alahi wasallam bersabda,
“Allah menyelamatkan orang-orang beriman dari api neraka.
Maka tidaklah pendebatan salah seorang di antara kamu bagi saudaranya dalam kebenaran yang diperbuatnya di dunia lebih keras dari pendebatan orang-orang beriman terhadap Rabb mereka tentang saudara-saudara mereka yang dimasukkan ke neraka.
Mereka berkata, ‘Rabb kami, mereka itu adalah saudara-saudara kami yang dulu shalat bersama kami, berpuasa bersama kami dan berhaji bersama kami, namun mereka telah Engkau masukkan ke neraka.’
Rabb berfirman, ‘Pergilah, lalu keluarkanlah orang yang kamu kenal di antara mereka.
’ Lalu mereka mendatangi mereka (para penghuni neraka itu), lalu mengenal mereka dengan rupa-rupa mereka,
mana api tidak melahap rupa-rupa mereka itu; di antara mereka ada yang disambar api hingga pertengahan kedua betisnya, ada lagi yang disambar hingga kedua tumitnya, lalu mereka mengeluarkan mereka.” (HR.Ibn Majah, dishahihkan oleh al-Albani)

Betapa banyak  orang-orang yang berada di tepi jurang kehancuran, lalu Allah menyelamatkan mereka dari neraka melalui teman-teman yang baik tersebut dan kondisinya berubah kepada kondisi yang lebih baik; dari buta menjadi dapat melihat dan dari sesat menjadi mendapatkan petunjuk.

Hal itu merupakan karunia dari Allah subhanahu wata'aala, yang dianugerahkan kepada orang yang dikehendaki-Nya.
Dan itulah salah satu dari sekian banyak pengaruh pertemanan yang baik.

Semoga bermanfaat.



0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda